July 30, 2017

Khasiat Minyak Dara Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit

Pohon kelapa merupakan salah satu tumbuhan ciptaan Tuhan yang sangat istimewa. Bagaimana tidak? hampir keseluruhan bagian dari pohon kelapa bermanfaat bagi manusia, dari batang pohon, pelepah daun hingga buah dan kulitnya. Pada tulisan kali ini, Saya ingin berbagi pengalaman pribadi mengenai manfaat minyak dara yang telah Saya rasakan setelah menggunakannya secara rutin. Minyak dara yang juga dikenal dengan nama VCO (Virgin Coconut Oil) ini memiliki khasiat besar untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Minyak dara teruji klinis aman digunakan dan dikonsumsi tidak hanya untuk kesehatan kulit wanita saja namun juga bermanfaat dan aman digunakan atau dikonsumsi oleh anak-anak, laki-laki dewasa bahkan yang lanjut usia. Saya secara tidak sengaja pernah menemukan sebuah tulisan di internet yang menceritakan tentang seorang wanita di negara Jepang yang pada saat itu telah berusia 40 tahun lebih namun masih terlihat seperti gadis remaja berusia 25 tahun karena rutin menggunakan minyak dara sejak kecil. Dan ketertarikan Saya terhadap minyak dara-pun semakin besar ketika salah seorang sahabat menyampaikan sakit persendian yang diderita oleh ibunya perlahan sembuh setelah rutin mengkonsumsi minyak dara selama 1 bulan penuh 1 x sendok makan sebanyak 3 x dalam sehari. Wah amazing ya teman-teman khasiat minyak kelapa ini, mudah didapat dan berkhasiat tinggi.

Saya telah menggunakan minyak dara sebagai pelembab kulit secara rutin lebih dari 6 bulan, dan juga sesekali mengkonsumsinya karena minyak dara juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Khasiat awal yang sangat Saya rasakan setelah menggunakannya selama 2 minggu kulit wajah terasa sangat halus, kenyal dan lembut. Hal ini sangat Saya rasakan karena sebelumnya memiliki kulit yang sangat kering sehingga dalam sehari kadang-kadang mengoleskan pelembab ke permukaan kulit wajah 2 sampai 3 kali. Dengan menggunakan minyak dara, kulit terasa sehat tidak hanya kulit wajah saja namun juga Saya merasakan manfaatnya pada kulit tangan, kaki dan tubuh. Perlahan-lahan penggunaan pelembah wajah dan tubuh (body lotion) mulai Saya kurangi. Saya tidak menggunakan minyak dara ke tubuh hanya jika akan keluar rumah karena meskipun berkhasiat, aroma minyak kelapa pada minyak dara murni tidak hilang, kan tidak lucu jika sedang jalan-jalan di mall tubuh kita beraroma minyak kelapa :)

Minyak dara mengandung bakteri positif dan mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dan kesehatan tubuh kita dari efek negatif polusi dan cahaya panas matahari yang dapat membuat kulit kusam dan mengalami penuaan dini. Minyak ampuh ini juga mengandung asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat, protein dan vitamin E yang menutrisi kulit dari dalam. (Kandungan dikumpulkan dari berbagai sumber).

Khasiat minyak dara untuk kesehatan kulit antara lain membuat kulit lembab luar dan dalam, menghilangkan jerawat, dapat mencerahkan kulit, melenturkan kantong mata, menipiskan selulit (dengan cara mengoleskannya ke bagian tubuh yang mengalami selulit setelah menggosokkan minyak dara ke kedua telapak tangan dan terasa sangat hangat, lakukanlah dengan rutin) mengobati luka pada permukaan dan bagian dalam kulit, menghaluskan kulit, menjaga kesehatan kuku, menjaga kesehatan kulit kepala, mengembalikan kelembaban rambut, memperbaiki rambut rusak, dan masih banyak sekali khasiat lainnya untuk kesehatan organ tubuh kita. 

Banyak sekali minyak dara yang dijual bebas di pasaran dan sangat sulit mengetahui keasliannya.  Untuk itu agar menjamin kemurniannya Saya memutuskan untuk mengolah sendiri daging kelapa untuk dijadikan minyak dara dengan mengumpulkan berbagai sumber mengenai pengolahannya dan mempelajari dengan seksama. Dari berbagai informasi yang Saya dapatkan di internet, cara tersebut di bawah inilah yang Saya pilih karena lebih mudah dan cepat. Oh ya, minyak dara dapat disimpan selama 1 tahun, tetap aman dan sehat digunakan. Cara pengolahannya sebagai berikut:
Bahan-bahan:
-          Daging kelapa segar (tidak terlalu muda atau terlalu tua)
-          Air secukupnya
Perlengkapan:
-          Parut
-          Plastik
-          Kertas saring (dapat dibeli di toko menjual bahan-bahan kimia)
Cara membuat:
-          Parut daging kelapa
-          Parutan daging kelapa dicampur dengan air secukupnya
-          Peras dan ambil santan kentalnya
-          Masukkan kedalam plastic dan ikat rapat
-          Simpan di suhu luar ruangan (cuaca panas, tidak mendung) selama 24 jam
-          Masukkan kedalam freezer selama 3 hari
-          Keluarkan dari freezer dan pisahkan es yang terletak di bagian paling bawah (pada umumnya santan dan minyak yang beku akan mencair selama kurang lebih sehari)
-          Potongan santan dan minyak beku tsb dimasukkan kedalam toples kaca dan biarkan sampai cair (air dan minyak akan terlihat memisah, air di bagian bawah dan minyak di bagian atas)
-          Perlahan-lahan minyak diambil untuk disaring dengan sarikan kertas. Pastikan santan tidak terikut
-          Minyak dara siap digunakan

Roxas Sigma Adventures
Demikian khasiat minyak dara untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Tidak diragukan lagi minyak dara mengandung banyak manfaat bagi tubuh manusia. Dengan cara pengolahannya yang sangat mudah ada baiknya untuk membuat minyak dara sendiri di rumah agar yakin dengan keasliannya. Untuk hasil maksimal kalian juga dapat mengkonsumsinya. Lakukanlah dengan rutin. Hasil akan terlihat jika digunakan secara terus menerus. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment