August 20, 2017

Tips Berlibur Sendirian Dengan Aman Bagi Perempuan



                                                              Photo Credit: Loop.co.id

Pada jaman sekarang ini berlibur telah menjadi salah satu kebutuhan utama khususnya bagi pekerja kantoran maupun pengusaha. Meluangkan waktu untuk berhenti beberapa saat dari rutinitas sehari-hari akan membuat pikiran terasa lebih ringan dan juga menyehatkan tubuh karena berkurangnya tingkat stress. Dengan berlibur mengunjungi tempat-tempat wisata dalam kota, di luar kota bahkan di luar negeri dapat membebaskan kita dari kepenatan dan tidak jarang selama berlibur ide-ide atau rencana baru bermunculan yang dapat meningkatkan produktifitas dan kreatifitas dalam pekerjaan maupun bisnis kita. Berlibur tidak selalu diartikan melakukan aktifitas santai di luar rumah dengan bepergian ke luar kota maupun ke luar negeri tadi, dengan meninggalkan rutinitas biasa yang kita lakukan sehari-hari menggantinya dengan menyalurkan hobi di dalam rumahpun sudah merupakan suatu kegiatan berlibur. Misalnya dengan berkebun, menyulam, membaca buku, atau bersantai di depan TV, itu juga dapat dimaksudkan sebagai liburan.

Tulisan Saya kali ini akan memberikan tips-tips bagi kita yang ingin berlibur dengan melakukan perjalanan keluar kota sendirian dengan biaya lebih murah dan aman khususnya bagi perempuan.
-         
       -  Tentukan tujuan & kumpulkan informasi lengkapnya
Tentunya pada saat menyusun rencana liburan hal yang pertama yang harus diputuskan adalah menentukan lokasi atau tujuan kemana kita akan berlibur, hotel yang akan ditinggali dan transportasi selama di sana. Kumpulkan selengkap mungkin informasi mengenai tempat dimaksud seperti alamat dan keamanannya, temukan informasi penting mengenai hotel melalui internet, baca dengan teliti komentar-komentar dari orang yang pernah menginap di sana. Melakukan pemesanan hotel melalui internet juga harus berhati-hati karena informasi yang kadang tertera di dalamnya tidak diperbaharui dan tidak sesuai kenyataan, jika perlu tanyakan ke teman yang mungkin pernah ke sana mengenai akomodasi dan transportasi yang menjadi pilihan. 

Cerita sedikit tentang pengalaman pribadi seorang sahabat Saya di Sumatera, dia melakukan perjalanan sendirian dan telah melalukan reservasi di sebuah hotel yang disebut berbintang empat namun menawarkan harga yang lebih murah. Dengan dana terbatas namun di hotel berbintang cukup menggiurkan baginya. Dari photo-photo yang ditampilkan kamar dan fasilitas hotel sangatlah menjanjikan, namun dia tidak membaca review atau komentar para tamu sebelumnya yang pernah menginap di sana. Tiba pada penerbangan terakhir dan menuju hotel ternyata karyawannya yang terlihat di sana cuma satu orang, bangunan sudah sangat tua dan terkesan menyeramkan, belum lagi dengan kondisi kamar yang bau pengap dan tempat tidur yang tidak layak. Ada baiknya pengalaman teman Saya ini dijadikan masukan positif agar tidak terjadi pada kita.
-          
         - Tinggalkan barang berharga di rumah
Sebelum berangkat periksa kembali barang bawaan kalian, pastikan perhiasan yang dikenakan dilepas untuk disimpan di rumah saja. Bawa uang tunai secukupnya, jika ingin membawa lebih banyakpun jangan terlalu mencolok, uang yang jumlahnya lebih banyak lebih baik disimpan terpisah dan tersembunyi. Ada baiknya untuk membayar transportasi umum uangnya disimpan di dompet kecil atau terpisah dari dompet yang biasanya juga menyimpan kartu identitas dan kartu ATM-ATM kalian. 

Pengalaman Saya pribadi menginap di sebuah hotel di Surabaya. Hotel yang baguspun tidak dapat menjamin penuh keamanan barang berharga kita. Dompet Saya secara tidak sengaja tertinggal di kamar dengan banyak uang tunai di dalamnya, pada saat itu CC TV belum marak seperti sekarang ini. Petugas yang membersihkan kamar Saya mengambil uang tunai dari dompet Saya. Beberapa hari kemudian salah seorang staff hotel mengembalikan dompet Saya lengkap dengan kartu-kartunya di dalamnya namun uang tunai sudah tidak ada dengan alasan Beliau telah menemukan dompet Saya tercecer di depan lobby hotel. Setelah kejadian ini Saya selalu menyiapkan uang tunai secukupnya jika sedang melukakan perjalanan. Semoga hal ini tidak akan terjadi pada kalian.
-        
       -  Jangan Terlalu Sering Terlihat Sendirian
Melakukan perjalanan sendirian tentu lebih banyak mengundang perhatian orang sekitar. Jangan terlalu sering terlihat sendirian, berinterakslah dengan pengunjung wisata lainnya yang pergi berkelompok. Jangan melakukan perbincangan dengan orang yang tidak dikenal dengan mengatakan kalian sedang berwisata sendirian. Beranilah berkata tidak atau menolak bantuan orang asing yang mencoba untuk menawarkan kebaikan kepada kalian. Jangan berjalan sendirian dan melewati tempat yang sepi di malam hari, dan yakinlah dengan insting kalian. Terkadang kita diberi pertanda atau intuisi jika ada bahaya yang sedang mengintai di sekitar, jangan lengah akan prilaku orang di sekitar kalian yang tidak biasa dan terlihat gelisah selalu memperhatikan gerak-gerik kalian.

                                                             Photo Credit: Dok Pribadi

-         - Simpanlah Nomor Telpon Kantor Polisi /Pos Polisi Terdekat
Ada baiknya kita juga mencatat nomor petugas keamanan di Hp atau di saku celana, jika ada hal yang sangat mencurigakan dan kalian rasa membahayakan jangan ragu-ragu untuk menghubungi petugas keamanan untuk mendapatkan pertolongan.

Sebelum melakukan perjalanan ingatlah untuk meminta ijin dengan keluarga dan memberitahu teman dekat kalian, berdoalah selalu untuk meminta keselamatan dari Sang Pencipta. Selamat berlibur, setelah kembali bekerja tentunya akan lebih bersemangat. Semoga tulisan ini bermanfaat.







No comments:

Post a Comment