August 05, 2017

Cara Mendapatkan Tubuh Sehat & Lekuk Badan Seperti Bikini

  
Photo: Akun Instagram @kayla_itsines
 


Memiliki badan yang sehat, ramping dan terlihat indah adalah idaman semua wanita di dunia. Kaum hawa akan rela melakukan cara apapun dan mengeluarkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit untuk mendapatkan tubuh sehat yang ideal dan terlihat sexy, dari melakukan olahraga rutin, mengatur pola makan, mengkomsumsi minuman herbal dan obat-obatan maupun dengan cara ekstrim yaitu  memaksakan diri memakan makanan yang disuka yang tak dapat mereka hindari namun kemudian memuntahkannya kembali. Memaksakan diri dengan cara seperti ini terus-menerus tentu saja sangat berbahaya dapat menimbulkan penyakit dan gangguan pada sistem pencernaan.
Banyak pusat kebugaran yang menawarkan program-program kesehatan dengan bonus mendapatkan bentuk tubuh yang indah. Bagi wanita karir atau wanita  yang aktiftasnya tinggi tentu saja tidak mudah mengatur waktu untuk melakukan olahraga, terkadang mereka juga harus bekerja di waktu akhir pekan. Dengan tingginya aktifitas di luar rumah, bekerja di kantor seharian dan kemudian menghadiri undangan jamuan makan relasi kerja tentu saja dapat membuat tubuh makin membesar karena asupan terus bertambah namun hanya sedikit kalori yang terbakar.
Dalam tulisan Saya kali ini ingin berbagi tips buat kalian para wanita yang super sibuk agar mendapatkan badan yang sehat dan lekukan badan seperti bikini namun tidak banyak menyita banyak waktu dan dapat dilakukan di rumah.
Kayla Itsines adalah penulis ebook mengenai Body Bikini, banyak wanita yang telah berhasil merubah bentuk tubuhnya dengan mengikuti arahan yang dia berikan. Gerakan-gerakan tubuh tidak sulit namun dapat membakar banyak kalori. Berikut beberapa gerakan yang dapat dilakukan (terlebih dahulu siapkan matras, dumbbell dan handuk):
1.   Posisi berdiri angkatlah lutut sebelah kanan ke arah sebelah kiri kira-kira setinggi pinggul anda. Peganglah dumbbell dengan kedua belah tangan sambil memutar perut angkat dumble ke arah kanan setinggi kepala. Lakukan gerakan ini dengan benar dan atur pernapasan kalian. Ulangi gerakan ini sampai 12 kali. Latihan ini berfungsi untuk menguatkan otot perut, paha dan bokong. Perut, paha dan bokong akan terlihat ramping dan kencang dengan latihan yang disiplin terus menerus.

2.       Posisi berbaring dengan wajah menghadap ke atas (telentang), tekuklaj lutut dengan lengan yang menempel di matras. Angkat kaki lurus sejajar dengan pinggul, ujung kaki diarahkan ke atas lurus rata. Kemudian gerakkan kaki kanan ke arah belakang kepala dengan posisi kaki kiri tetap lurus ke atas. Kembali ke posisi semula. Ulangi bergantian dengan kaki kiri. Ulangi gerakan ini sampai 12 kali. Fungsi latihan ini untuk menguatkan bagian punggung, pinggul, paha, bokong dan lengan bagian luar atas.

3.       Lakukan posisi plank (gerakan sebelum push-up dengan wajah mengarah ke bawah kedua ujung kaki bertumpu pada matras dengan kedua lengan lurus di bawah bahu) Kemudian angkatlah kaki kiri ke atas, posisi kaki lurus. Lakukan gerakan ini dengan berulang-ulang secara bergantian dengan kaki kanan sampai 12 kali. Latihan berfungsi untuk ini menguatkan otot perut, otot bahu, otot punggungd dan otot bokong. Dengan gerakan yang tepat dan rutin akan mengencangkan bagian-bagian tubuh di atas.

4.       Kembali posisi berdiri dengan masing-masing memegang dumbbell. Tekutklah lutut kalian, bungkukkan badan dengan posisi punggung yang lurus, tangan ke arah lutut. Kemudian kembali ke posisi awal, berdiri, angkat lutut kanan setinggi pinggul sambil memutar pergelangan tangan yang memegang dumbbell ke arah dada. Kembali ke posisi awal. Lakukan dan ulangi gerakan ini dengan arah berlawanan sampai 12 kali. Gerakan ini berfungsi untuk menguatkan lengan atas bagian luar, menguatkan otot perut, bokong, punggung dan otot paha belakang.

5.       Posisi tubuh menghadap ke atas (telentang), dengan posisi kaki dan tangan menyentuh matras. Tekuklah lutut, angkat pinggul, posisi tangan menekuk menumpu ke badan. Angkatlah kaki kanan 45 derajat, posisi lurus ke atas. Kembali ke posisi semula. Lakukanlah gerakan yang sama untuk masing-masing kaki dan ulangi sampai 12 kali. Fungsi latihan ini untuk menguatkan lengan otot lengan bagian luar, perut, bokong dan paha.

6.       Posisi duduk dengan tangan memegang dumbbell yang mengarah ke dada, telapak tangan posisikan ke arah luar. Angkat kaki ke atas posisi lurus dan perlahan posisi tubuh dikembalikan ke posisi awal seperti duduk (kaki terangkat) bentuk suduh 45 derajat. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sampai 12 kali. Kencangkan perut, lengan dan kaki kalian dan atur pernafasan dengan baik.

7.       Posisi tubuh berbaring dengan wajah menghadap ke atas. Tekuklah lutut sambil memegang 2 buah dumbbell di masing-masing tangan. Angkatlah pinggul kalian sambil mengangkat kaki kiri ke atas dengan posisi lurus. Turunkan pinggul dan kaki, arahkan dumble ke arah samping tubuh kalian. Lakukan gerakan ini sampai 12 kali secara bergantian dengan kaki kanan kalian. Fungsi latihan ini untuk menguatkan otot punggung, bokong, paha belakang dan dada.

8.       Posisi berbaring menyamping ke arah kanan, tahanlah posisi tubuh dengan tangan, pegang dumbbell dengan lengan kiri yang mengarah urus ke atas melewati kepala kalian, kaki menumpuk. Angkatlah pinggul menjauh dari tanah. Angkat kaki kiri setinggi-tingginya semampu kalian. Kemudian kembalilah ke posisi awal. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang sampai 12 kali secara bergantian dengan sisi yang berlawanan. Fungsi latihan ini untuk menguatkan otot punggung dan otot bokong.

Silahkan mencobanya di rumah. Luangkanlah waktu setiap hari untuk melakukan gerakan-gerakan ini agar mendapatkan tubuh yang sehat dan lekuk tubuh seperti bikini. Semoga bermanfaat. Salam olahraga!

No comments:

Post a Comment