August 05, 2017

Cara Mengenakan Hijab Sesuai Bentuk Wajah



Pada jaman sekarang ini bagi wanita muslimah hijab tidak hanya berfungsi sebagai penutup aurat saja namun juga telah merupakan trend berbusana. Di Indonesia wanita muslim banyak sekali yang mengenakan hijab termasuk Saya penulis pada blog ini yang baru memutuskan berhijrah untuk memenuhi kewajiban sebagai wanita muslimah (tidak untuk mengikuti trend saja) J Saat ini dari anak-anak usia 1 tahunpun telah mengenakan hijab karena para orang tua ingin membiasakan dan mengajarkan sang anak untuk menutup auratnya sejak kecil sehingga akan terbiasa pada saat mereka beranjak dewasa. Banyak sekali gaya hijab yang kita lihat di Televisi maupun internet dengan berbagai warna dari harga yang sangat murah hingga ratusan ribu.

Pengalaman pribadi Saya di awal-awal mengenakan hijab wajah terlihat berbeda, kadang merasa tidak cocok, merasa terihat lebih tua dari usia, bongkar-pasang bongkar lagi pasang lagi sehingga mengenakan hijab saja memerlukan waktu yang tidak sedikit hal ini dikarenakan dengan model hijab A merasa tidak cocok dengan busana yang sedikit formil, kemudian mencoba dengan model hijab B tapi juga tidak merasa cocok karena bentuk wajah Saya yang sedikit panjang. Namun setelah mencoba beberapa model dan juga mencoba mendapatkan informasi bagaimana cara mengenakan hijab sesuai dengan bentuk wajah agar terlihat lebih manis di internet akhirnya Saya merasa menemukan gaya hijab yang membuat Saya nyaman mengenakannya dan percaya diri.
Berikut tips yang mungkin dapat teman-teman coba bagaimana memilih gaya berhijab sesuai dengan bentuk wajah kalian. Mari kita mulai dengan bentuk wajah lonjong/panjang (karena bentuk wajah Saya demikian :)

-         Bentuk wajah lonjong / panjang
Teman-teman yang memiliki bentuk wajah seperti Saya akan terlihat lebih cocok dan cantik mengenakan hijab dengan gaya hijab wanita dari negeri Arab. Model hijab/jilbab seperti ini menggunakan ciput di bagian dalam yang biasa juga di sebut undercaps hingga dahi. Ini akan mengurangi efek wajah lonjong teman-teman dan member kesan wajah penuh sehingga rahang yang panjang / lonjong tidak kelihatan. Sebelumnya, rambut dapat digulung atau dicepol ke belakang agar bentuk kepala terlihat lebih sesuai. Hindari menggulung rambut terlalu tinggi, ini akan membuat bentuk wajah akan semakin terlihat lonjong. Mengenai warna jilbab dapat disesuaikan dengan warna kulit, baju yang telah penuh dengan motif berbagai warna sebaiknya disepadankan dengan warna jilbab yang netral saja.
  
-          Bentuk Wajah Dengan Dahi Lebar
Bagi teman-teman yang memiliki dahi lebar sangat cocok untuk mengenakan jilbab/hijab yang memakai pelapis di bagian dalam luar sisi kanan dan kiri agar terlihat lebih cantik, ini juga berfungsi menyamarkan bentuk dahi yang lebar. Atau juga dapat disiasati dengan menggunakan ciput yang menutup sebagian luas dahi agar tidak terlihat terlalu lebar.

-          Bentuk Wajah Oval
Bentuk wajah oval adalah bentuk wajah ideal yang diinginkan para wanita. Memiliki bentuk wajah oval tidak akan membuat bingung untuk memilih model/gaya jilbab seperti apa karena cocok dengan model jilbab apa saja dan terlihat cantik tinggal hanya memilih warna agar sesuai dengan busana, jadi lebih bersyukurlah bagi teman-teman yang memiliki bentuk wajah ini karena dapat sangat menghemat waktu berbusana.

-          Bentuk Wajah Bulat
Teman-teman yang memiliki wajah bulat akan lebih cocok terlihat dengan jilbab yang menutup sebagian luar pipi agar bentuk wajah terlihat lebih panjang. Kenakan jilbab yang menutup sebagian area pipi untuk menutupi pipi tembem. Pilihlah bahan kain jatuh, tidak kaku (lembut) namun tidak terlalu tipis agar wajah terlihat lebih ramping. Ingatlah jangan menggunakan jilbab dari bahan kain yang tebal karena akan menegaskan bentuk pipi yang tebal dan bulat. Bagi yang berambut panjang jangan digulung atau dicepol ini akan membuat volume dibagian belakang sehingga memberi efek bentuk kepala menjadi besar.

-          Bentuk Wajah Segitiga
Pemilik bentuk wajah segitiga akan terlihat lebih cocok dan cantik jika mengenakan jilbab yang tidak terlalu ketat, sedikit longgar akan menyamarkan bentuk rahang wajah. Pada bagian dahi dapat lebih dieratkan agar dahi tidak terlihat lebar. Buatlah lipatan halus dibagian dahi.

-          Bentuk Wajah Persegi
Bentuk wajah ini sangat cocok jika mengenakan jilbab dengan model yang bulat membingkai wajah untuk menyembunyikan garis tajam di bagian bawah wajah. Jika wajah tidak terlalu panjang jangan menutupi area kening terlalu banyak untuk memberi kesan wajah lebih panjang. Dan jika teman-teman lebih suka bentuk jilbab yang segitiga tariklah jilbab bagian rahang agak sedikit maju untuk menyamarkan bagian tulang rahang yang tegas.





                                                       Photo: caramemakaijilbaber.com

Yang terpenting adalah jilbab model apapun atau gaya busana bagaimanapun yang kita kenakan haruslah membuat kita senyaman mungkin dan merasa percaya diri. Silahkan teman-teman coba tips di atas, semoga bermanfaat.









No comments:

Post a Comment